Artikel

6 Pertanyaan Umum yang Diajukan Saat Wawancara Kerja


6 Pertanyaan Umum yang Diajukan Saat Wawancara Kerja

6 Pertanyaan Umum yang Diajukan Saat Wawancara Kerja

 

Wawancara Kerja – Pertanyaan tentang data pribadi biasanya digunakan untuk membuka percakapan dan mencairkan suasana wawancara kerja yang tegang.

Meskipun sebagai pertanyaan pembuka dan bersifat umum, namun Anda tetap harus antusias menjawabnya.

Kesan Pertama yang Anda perlihatkan kepada pewawancara terkadang dapat memengaruhi penilaian pewawancara terhadap Anda.

Berikut merupakan pertanyaan umum yang mungkin akan Anda jumpai ketika wawancara kerja. Jawaban yang dicontohkan dapat Anda sesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda saat ini.

1. Ceritakan tentang diri Anda

“Nama saya Rio Setiawan. Saya alumni 2015 Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Komputer. Sekarang saya bekerja di PT SDM sebagai teknisi jaringan. Saya bekerja di perusahaan tersebut sejak Januari 2015”

2. Mengapa Anda memilih jurusan Ilmu Komputer ?

“Saya menyadari bahwa saya tertarik dan menyenangi computer sejak sekolah dasar. Kuliah ini jurussan ilmu computer sang sesuai harapan saya untuk menambah wawasan dengan pengetahuan saya tentang computer”

 

   Baca juga : 8 Tips Nego Gaji dalam Wawancara Kerja

 

3. Bagaimana cara Anda membayar kuliah ?

“Sebagian besar kuliah saya dibiayai oleh orang tua. Namun, saya juga berusaha meringankan beban orang tua saya dengan bekerja paruh waktu di sebuah percetakan kaos dekat tempat tinggal saya."

4. Apakah Anda memiliki rencana melanjutkan pendidikan?

“Ya, saya memiliki rencana untuk meneruskan ke jenjang S1 tiga tahun mendatang. Harapan saya dengan melanjutkan kuliah. wawasan dan pengetahuan saya akan meningkat sehingga saya bisa berkarier dengan lebih baik di masa mendatang."

5. Selain pendidikan formal, apakah Anda memiliki keterampilan lain ?

“Ya, saat kuliah saya mengikuti kurusus bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Selain itu, saya pernah juga mengikuti pelatihan kepemimpinan selama seminggu yang dilaksanakan himpunan mahasiswa universitas saya, dan mampu mengoperasikan komputer dengan berbagai progam, seperti MS Word, MS Excel, MS Power Point, Photoshop, dan MS Accsess."

6. Apa makna pekerjaan buat Anda ?

“Bagi saya, pekerjaan bukan semata-mata mencari uang. Namun, bagaimana saya bisa melakukan yang terbaik sehingga berkontribasi bagi kemajuan perusahaan."

 

6 Pertanyaan tersebut biasa diajukan saat wawancara kerja. Kalian bisa menyesuaikan dengan kondisi Anda sekarang.

Untuk mengetahui hal-hal yang ada dalam wawancara kerja secara detail kalian bisa baca buku “ Tip & Trik Menghadapi Wawancara Kerja “ karya Fajar Nur’aini Dwi Fatimah.

Dan juga buku “ Sukses Wawancara “ karya RR.Prima Purnama Sari, S.Psi dan Sony Adam Saputra, S.Si.

 

Semoga Sukses !