Artikel

7 Langkah Menundukkan Ego


7 Langkah Menundukkan Ego

Untuk mendapatkan karakter terbaik salah satunya yaitu dengan menundukkan ego. Pakar pengembangan kepribadian, Wayne W. Dyer Tujuh langkah untuk menundukkan ego:

1. Jangan mudah tersinggung

Sering kali kita tersinggung jika orang lain tidak menuruti perintah atau permintaan kita.

Hal ini justru akan melemahkan kita. Jika setiap masalah membuat kita tersinggung, bahkan karena masalah sepele sekalipun, maka kita akan mudah terpicu bersikap yang negatif ini dimana pun berada.

Kita harus mampu menyingkirkan sifat tersingggung jika memiliki sifat yang kuat. Dengan segala cara, kita upayakan untuk bertindak agar mampu menghilangkan sifat angkara murka yang berasal dari egoisme yang ada dalam diri kita menuju alam yang lebih damai

 

2. Tidak selalu jadi pemenang

Orang yang egois selalu menginginkan menjadi pemenang dalam setiap kesempatan. Padahal mengejar kemenangan setiap saat adalah hal yang mustahil. Mengapa? Orang lain akan lebih cepat, lebih beruntung, lebih muda, lebih kuat dan lebih cerdas.

Menang atau kalah merupakan hal yang biasa kita hadapi.. Kita ridak perlu bersusah payah untuk terus menjadi yang terbaik. Dengan demikian kita akan merasa damai.

Dengan perasaan damai justru kita akan lebih mudah memenangkan banyak hal karena kita melakukannya dengan ketulusan dan pemikiran yang matang untuk memperbaiki kekuranngan yang ada dalam diri kita

3. Berani Mengalah

Mengalah, bukanlah berati kalah, tetapi kita mampu menundukkan ego kita yang tidak baik.

Kita bisa menekan dorongan ego dengan bertanya pada diri sendiri, “Apakah kita ingin menang ataukah kita ingin bahagia?” Jika kita memilih bahagia, penuh cinta dan jiwa yang tenang, maka harus mampu menekan ego agar kehidupan kita lebih damai.

4. Tidak selalu Unggul

Menjadi orang yang unggul atau nomer satu dalam setiap hal bukanlah hal yang keliru. Akan tetapi orang yang besar bukan sekedar lebih baik dibandingkan orang lain. Pada intinya memiliki pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

 

Baca juga : Wawancara Kerja Posisi Admin

 

5. Tidak Serakah

Kita selalu menginginkan segala sesuaru lebih banyak dibandingkan orang lain dan tidak pernah merasa puas dengan kondisi yang ada. Tidak peduli berapa banyak yang telah kita capai atau miliki, ego kita akan selalu mengatakan bahwa itu belum cukup.

Kita selalu berjuang seakan-akan hidup kita selalu kekurangan. Semakin banyak yang kita cari semakin tidak puas kita dengan apa yang kita dapatkan.

Berhentilah dan merenung sejenah, apakah yang sejatinya kita cari di dalam hidup ini ?

Dengan melepaskan hawa nafsu serakah untuk menumpuk apapm yang kita peroleh baik berupa harta, jabatan, dan hal-hal lainnya.

Sebab, kita akanmenyadari sebenarnya betapa sedikit yang kita butuhkan agar merasakan perasaan yang puas dan damai.

6. Lepaskan mengidentifikasi diri berdasarkan prestasi

Seringkali kita menganggap bahwa prestasi yang kita capai itu adalah murni karena kemampuan kita. Padahal Tuhan lah yang menumbuhkan hal itu dalam diri kita.

Namun, ego kita mengatakan bahwa semua itu murni kemampuan kita. Sumbernya hanya satu, Tuhan!

Tubuh kita yang mampu mencapai prestasi karena kehendak Tuhan. Kita hanya pengamat. Perhatikan semuanya dan bersyukurlah atas apa yang kita capai dengan demikian kita capai dengan demikian kita akan semakin merasa damai.

7. Jangan selalu terpengaruh dengan pandangan orang lain

Reputssi tidak terletak pada kita, tetapi pada pandangan orang lain. Oleh kaerna itu, kita tidak bisa menendalikannya sama sekali.

Lepaskan ego dalam diri kita untuk selalu menyenangkan orang lain. Cobalah mendengarkan suara hati yang selalu terhubung dengan Sang Pencipta/

Jangan hanya fokus pada tanggung jawab apa pun yang kita kerjakan. Tidak oerlu terlalu memikirkan pandangan orang lain atas apa saja yang kita yang alkukan, tidak pelu kita pedulikan, itu urusan mereka!

 

Itulah 7 cara menundukkan ego yang perlu kalian tahu.

Jangan menggatungkan diri pada keberuntungan melainkan pada tindakan (Publilius Syrus)

Semoga Sukses!!