Artikel

Bahagia Sepanjang Masa dengan Hidup Sederhana (Part: 2 - Tamat)


Bahagia Sepanjang Masa dengan Hidup Sederhana (Part: 2 - Tamat)

Kelima, luangkanlah waktumu untuk diam.  Maksudnya adalah bahwa adakalanya kita memang harus bisa diam untuk beberapa saat. Di saat suasana hening tersebutlah, kita bisa lebih memahami dan mendalami tentang “apa sih yang sebenarnya kita butuhkan.” Mungkin selama ini kita berpikir bahwa kita butuh A, tapi dalam keheningan tersebut kita bisa berpikir lebih jernih, apakah kita benar-benar membutuhkan A? ataukah, ada hal lain yang sebenarnya kita butuhkan? Keheningan bisa membuat seseorang berpikir lebih jernih, termasuk mengenai bagaimana hidup sederhana yang dia inginkan.

Keenam, Jauhilah perbandingan. Untuk bisa hidup bahagia, maka jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Terima saja apa yang sudah diberikan Tuhan kepada kita, dan jangan pernah terus menerus memikirkan apa yang diterima oleh orang lain. Membayangkan nikmat yang dirasakan oleh orang lain hanya akan membuat kita terus menerus merasa haus, merasa nggak pernah cukup dan lain sebagainya. Janganlah seperti kebanyakan orang yang mengukur kebahagiaan dengan standar uang, karena tidak selamanya uang itu bisa membuat kita bahagia. Kebahagiaan itu tidak selamanya harus dinilai dengan uang, bahkan hanya dengan hidup sederhana saja kamu bisa bahagia.

Ketujuh, katakanlah tidak untuk pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Di masa-masa sulit seperti ini, kita harus super bijak dalam mengatur pengeluaran. Jangan sampai kita membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita perlukan. Jangan terlalu percaya dengan promo, sebagian dari kita pasti membeli barang bukan karena butuh, tapi karena ada promo. Jika kita bisa mengatur keuangan kita, maka cita-cita kita untuk menjalani hidup sederhana pasti terwujud.

Kedelapan, kerjakanlah apa yang kalian sukai. Hidup sederhana artinya bahwa kita bisa melakukan apapun yang kita sukai. Kita tidak hidup di bawah bayangan orang lain, itulah hidup sederhana. Jika kita melakukan sesuatu di bawah bayangan atau tekanan orang lain, maka itu bukan hidup sederhana namanya. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa setiap kepala itu pasti memiliki pola pemikiran yang berbeda-beda. Apa yang bagus menurut kita, belum tentu bagus pula untuk orang lain. Nah, proses inilah yang sangat rumit. Jadi bisa dibilang, jika kita bisa mengerti dan menikmati apa yang kita sukai, maka dengan sendirinya kita pasti bisa merasakan kebahagiaan itu.

Kesembilan, berpenampilan sesuai dengan kantong. Banyak dari kita, atau bahkan kita termasuk salah satunya yang suka ingin tampil keren dan berkelas di depan orang lain, tapi sering lupa bahwa budget kita nggak memungkin untuk melakukan semua itu. Di luar sana, ada orang yang rela berhutang hanya karena ingin terlihat keren di mata orang lain. Ada baiknya, jika kita bisa berpenampilan sesuai dengan isi kantong kita. Hidup sederhana itu bukanlah hidup yang rumit. Jika kamu ingin terlihat keren tapi karena hutang, maka itu justru akan menyengsarakan hidupmu sendiri.

Cara untuk hidup sederhana yang terakhir, biasakanlah untuk selalu berpikir positif. Banyak orang yang sering lupa bahwa dengan berpikir positif, maka semuanya akan terlihat dan terasa mudah bagi kita. salah satunya adalah ketika kita dihadapkan dengan suatu masalah yang terlihat berat dan kita yakin bahwa kita sanggup melewati masalah tersebut, maka semua itu akan terasa indah. Berbeda, jika kita sudah khawatir terlebih dahulu. Dengan berpikir positif, maka kita pasti akan bisa mengatasi berbagai masalah yang ada, bisa dengan mudah bangkit dari kegagalan, dan tentunya selalu bersemangat untuk membuat hidupmu menjadi lebih baik.

Demikianlah beberapa tips hidup sederhana yang bisa kita lakukan. Untuk mendapatkan berbagai tips lainnya, kalian bisa klik di sini dan di sini.