Artikel

Rekomendasi Buku Fokus untuk Tingkatkan Produktivitasmu


Rekomendasi Buku Fokus untuk Tingkatkan Produktivitasmu

Salah satu kunci meraih kesuksesan adalah dengan fokus pada usaha. Fokus dalam hal ini bisa berarti macam-macam, termasuk memusatkan konsentrasi pada tujuan, mengerahkan diri semaksimal mungkin, hingga mengabaikan omongan buruk orang lain terkait usaha yang sedang kita jalani. Fokus membuat pikiran kita terus tertuju pada satu arah, tidak bercabang, atau dengan kata lain, menjauhkan kita dari distraksi yang mengganggu. Untuk mendukung proses meraih sukses ini, berbagai buku fokus pun diterbitkan.

Sebelum mengulas rekomendasi buku-buku fokus terbaik, mari kita ulas 5 kunci fokus dalam berusaha.

 

Kunci Fokus untuk Sukses dalam Segala Hal

Seperti sudah ditekankan di atas, fokus adalah kunci kesuksesan. Lantas, apa saja kunci fokus itu sendiri?

  1. Prioritas

Sukses bisa berbentuk banyak hal; sukses usaha, sukses bekerja, hingga sukses menuntut ilmu. Namun upaya meraih sukses ini di mana-mana sama: kita mesti punya prioritas. Untuk membantumu, buatlah daftar kegiatan yang harus dilakukan, diurutkan dari yang paling penting. Cetak tebal atau beri warna yang mencolok pada kegiatan yang menjadi prioritas. Dan pastikan, kegiatan lain tidak ada yang mengganggu kegiatan prioritasmu.

  1. Bekerja sepenuh hati

Pahami betul-betul untuk apa kamu berusaha, dan pastikan kamu selalu mengingat tujuanmu itu. Tujuan inilah yang akan membuatmu bekerja sepenuh hati, tak peduli seperti apa halangannya. Tujuan yang jelas akan membuat niatmu mantap, sehingga kegagalan seperti apa pun tidak menjadi rintangan bagimu.

  1. Komitmen

Meraih sukses itu perlu fokus. Dan salah satu kunci fokus adalah berkomitmen. Misalnya kamu membuat jadwal kerja pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore, maka berkomitmenlah dengan itu. Bagaimanapun, jadwal itu kamu sendiri yang membuat. Jika kamu melanggarnya, artinya kamu melanggar rules-mu sendiri. Ingat, komitmen adalah prinsip. Sekali kamu melanggarnya, artinya kamu tidak bisa disebut berprinsip.

  1. Temukan tempat kerja yang nyaman

Setiap orang punya karakternya masing-masing. Ada yang lebih nyaman bekerja di tempat tertutup, ada yang lebih nyaman bekerja di alam terbuka. Pun ada yang nyaman bekerja bersama tim, tapi ada juga yang lebih leluasa bekerja sendiri. Temukan yang mana spot-mu, dan bergelutlah di sana. Jika kamu merasa nyaman, usaha dan pekerjaanmu akan terasa lebih ringan.

  1. Bahagia

Bawalah kebahagiaan pada setiap pekerjaanmu, dengan begitu kamu tidak akan merasa seperti sedang bekerja keras. Menggeluti passion atau pekerjaan/usaha yang disuka terbukti dapat membuat seseorang lebih fokus. Meski begitu, bekerja di luar passion juga bisa membawa kebahagiaan asal kamu bisa menikmatinya. Jadi, nikmati pekerjaan atau usahamu, dan berbahagialah menjalaninya. Fokus dan suksesmu terletak di sana.

 

Rekomendasi Buku Fokus untuk Kamu yang Ingin Mencapai Puncak Kesuksesan

Ingat, tidak ada sukses yang instan. Kamu perlu usaha dan fokus untuk meraihnya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku fokus yang bisa membantu kamu meraih sukses dalam bidang apa pun:

  1. The Miracle of Focus

Buku ini akan mengulas definisi fokus dan metode memfokuskan diri pada usaha maupun pekerjaan yang kita geluti. Fokus seperti apa yang perlu kita miliki demi meraih kesuksesan, akan dibahas juga dalam buku ringan sarat ilmu ini. Dapatkan bukunya di sini.

  1. Master Your Focus

Buku ini akan bekerja pada pembentukan mindset fokus demi meraih sukses. Apa perbedaan sibuk dan produktif? Apakah keduanya sama? Serta apa saja trik-trik yang efektif dalam membangun fokus selama bekerja? Dapatkan ilmunya hanya di buku ini.

  1. Focus 5.0

Buku ini mengonsentrasikan bahasannya pada bagaimana menciptakan fokus yang tak terpengaruh oleh distraksi, serta bagaimana menghilangkan gangguan selama bekerja. Buku fokus ini juga akan membahas cara mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik yang memungkinkan seseorang lebih efektif dalam bekerja. Dapatkan bukunya di sini.