Kisah-kisah Fenomenal Penaklukan Jawa: Berdasarkan Maulid Qasar

Kisah-kisah Fenomenal Penaklukan Jawa: Berdasarkan Maulid Qasar

Author : Ahmad Wahyu Sudrajad

Rp. 49.500

Judul

Kisah-kisah Fenomenal Penaklukan Jawa: Berdasarkan Maulid Qasar

Nomor ISBN

978-623-7210-28-3

Penerbit

Kategori

Jenis Cover

Soft Cover

Kertas Isi

Bookpapper 52 gr

Tebal Buku

292 Halaman

Berat Buku

300 gram

Dimensi

14 X 20

Lokasi Stok

Gudang Anak Hebat Indonesia

Qty

Penulis—dalam buku ini—mengupas tentang rangkaian peristiwa sejarah penaklukan Jawa yang ditinjau dari karya sastra karangan Syekh at-Tabbrizy, memberikan gambaran anyar tentang kehidupan para pejuang Islam pascaperang Diponegoro (1825 – 1830). Kemudian, menerangkan peristiwa pemberontakan pada tahun 1839, 1842, dan 1848 yang dilakukan oleh orang-orang dari kalangan aristokrat. Dilanjutkan dengan pembahasan kedatangan Belanda di pulau Jawa dan menguasainya, khususnya di Kerajaan Surakarta. Buku ini membahas bagaimana politik Belanda dalam memecah belah untuk menguasai Jawa. Dengan demikian, kekuasaan Belanda akan semakin stabil dan kukuh untuk mewujudkan monopoli perdagangan di Jawa. Dan pelbagai perjanjian dan kebijakan yang dibuat oleh pihak Belanda, memberatkan pihak kerajaan dan juga masyarakat Jawa. Buku ini pun semakin menarik dengan adanya data dari teks Syekh at-Tabbrizy yang dikemas dengan cerita-cerita kenabian yang mempunyai banyak alegori di dalamnya. 

1.Buku ini membahas tentang rangkaian peristiwa fenomenal terkait penaklukan Jawa yang ditinjau dari karya sastra karangan Syekh at-Tabbrizy.
2.Penulis menggambarkan setiap peristiwa sejarah dalam buku ini dengan runtut melalui bahasa yang enak dicerna oleh setiap kalangan pembaca.
3.Secara garis besar, Anda akan diajak untuk memahami lebih jauh bagaimana kehidupan para pejuang Islam pascaperang Diponegoro, seperti apa peristiwa kedatangan Belanda di Pulau Jawa, bagaimana politik Belanda memecah belah kekuasaan di Jawa, dan lain-lain.
Selain itu semua, buku ini sangat sesuai bagi para akademisi dan praktisi sejarah dalam memahami lebih jauh peristiwa yang sebenarnya terjadi selama masa kolonialisme, karena didukung dengan pembuktian-pembuktian baru terkait para pejuang Islam dan masyarakat Jawa.


Page created in 4.374450 seconds.