PEMBERONTAKAN MISTIK SYEKH SITI JENAR
new release
-30%

PEMBERONTAKAN MISTIK SYEKH SITI JENAR

Rp. 79.800 Rp. 55.860

Judul

PEMBERONTAKAN MISTIK SYEKH SITI JENAR

Nomor ISBN

978-602-5638-20-6

Penulis

Taufiq Hakim

Penerbit

Jenis Cover

Ivory 210 gram (Doftspot)

Kertas Isi

Bookpaper 52 gr (BW)

Tebal Buku

324 Halaman

Berat Buku

300 gram

Dimensi

15 cm x 23 cm

Lokasi Stok

Gudang Anak Hebat Indonesia

Qty

Demak Bintara geger karena ada seorang wali yang mengabaikan syariat. Ia dinilai murtad dengan capaian mistiknya yang kontroversial. Ia lalu dijemput secara paksa oleh para wali utusan Demak Bintara untuk mempertanggungjawabkan pemikiran dan prilaku keagamaannya yang dalam pandangan umum umat Islam saat itu “menyimpang” dari syariat: telah mengaku sebagai Tuhan. Ia adalah Syekh Siti Jenar. Persoalan ini semakin berkembang. Pandangan keagamaan Jenar bukan hanya dianggap merong-rong dan menistakan agama, tetapi juga dipandang merong-rong otoritas politik. Sebab, dasar para petinggi Demak untuk menghukum Siti Jenar juga karena kekhawatiran mereka terhadap legitimasi kerajaan yang baru berdiri. Sebagaimana diketahui, ajaran Siti Jenar menitikberatkan bahwa hanya ada satu pemimpin, yakni Tuhan semesta alam. Dengan demikian, Siti Jenar beranggapan bahwa Raja Bintara tidak berhak atas klaim kekuasaan apapun.

    1. Syekh Siti Jenar merupakan tokoh paling kontroversial di Nusantara, baik sepak terjangnya dalam ajaran rahasia manunggaling kawula gusti maupun sosoknya yang dianggap sebagai mitos (termasuk kematiannya secara misterius dalam nalar manusia).
    2. Buku ini menelaah figur sang wali hitam yang hidup di zaman awal Kesultanan Demak Bintara (akhir abad ke-15) dengan kajian filologis antara naskah Jawa (Babad Sengkala dan Teks Siti Jenar) dan kronik Sam Po Kong (Semarang).
    3. Dalam penulisan buku ini, penulis menggunakan metodologi rekonstruktif berdasarkan analisis literer, untuk menarik benang merah antara fiksi dan fakta mengenai tokoh Syekh Siti Jenar.
    4. Penulis yang merupakan lulusan Sastra Jawa UGM dan mengambil konsentrasi Filologi ini telah alang-melintang dalam penulisan jurnal, baik nasional dan internasional, terutama berkaitan dengan pernaskahan dan kebudayaan Jawa. Buku “Pemberontakan Mistik Syekh Siti Jenar” merupakan hasil risetnya menggunakan manuskrip-manuskrip kuno.

Maaf! Belum ada resensi mengenai buku ini dan untuk mengisi resensi anda harus memiliki buku ini terlebih dahulu dengan cara membelinya.