Artikel

6 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja


6 Cara Ampuh Mengatasi Stres Kerja

Mengatasi Stres - Stres merupakan keadaan jiwa seseorang yang sedang buming pada abad ini. Tak jarang kita temui banyak orang yang mengalami stres, atau bahkan kamu juga merasakannya ?

Stres banyak pemicunya, bisa dari lingkungan kerja, keadaan rumah, dan lain sebagainya. Namun, seringkali yang kita alami adalah stress kerja.

Tuntutan pekerjaan yang banyak dan menggunung seringkali membuat kita stres. Stres bukanlah penyakit yang serius, namun jika dibiarkan secara terus menerus akan menjadi terkena banyak masalah kesehatan.

Banyak penyebab yang membuat kita stres kerja, diantaranya adalah gaji yang tidak bisa memenuhi kebutuhanmu, kondisi kerja yang dibawah tekanan, teman kerja yang mengganggu, merasa jenuh atau bosan, dan masalah lain yang masih banyak lagi.

Hal-hal tersebut menimbulkan gangguan kesehatan fisik, depresi, gelisah, gugup, tidak fokus, dan merasa lelah.

Jika hal-hal di atas kalian rasakan, berarti kalian harus sedikit merubah aktivias sehari-hari anda di tempat kerja atau bisa mengikuti tips berikut agar pikiran menjadi lebih fresh.

6 Tips untuk menghilangkan stres kerja.

1. Bersyukur

Bersyukur adalah poin utama untuk menghadapi stres kerja. Karena menurut penelitian, dengan bersyukur akan membuat kondisi psikologis seseorang akan terbiasa dalam menghadapi masalah kecil atau besar.

Pikiran Anda akan menjadi lebih positif dan yakin aka nada jalan keluar dalam menghadapi masalah yang membuat Anda stres.

 

2. Perhatikan Pola Makan dan Pola Tidur

Jangan sampai stres membuat pola makanmu menjadi berantakan. Hal itu akan menjadi masalah yang serius pada kesehatanmu.

Makanlah makanan yang bisa menaikkan mood kamu. Dan tidur dengan cukup. Buat kamar tidur menjadi nyaman dan sebelum tidur kalian harus merilekskan tubuh kalian.

Hal tersebut akan membuat tubuh merasa siap untuk bekerja di hari esok dan akan mengurangi stress kerja.

 

3. Mulai harimu dengan hal yang menyenangkan

Apa yang kamu lakukan untuk mengawali harimu ternyata sangat berpengaruh pada keseluruhan hari yang akan kamu lewati.

Awali harimu dengan aktivitas yang membuat pikiranmu menjadi postif dan rileks.

Kamu bisa mengisi waktu perjalanan ke kantor sambil mendengarkan musik favoritmu. Sesampainya di kantor, duduklah sejenak dan sediakan sedikit waktu untuk sekedar menikmati secangkir kopi atau teh. Buatlah dirimu nyaman agar dapat memulai hari dengan pikiran yang positif.

Setelah selesai dengan kopimu, kamu bisa mulai menyusun agenda harian agar kamu tahu apa yang harus kamu lakukan seharian. Memulai hari dengan mood yang bagus dan pikiran positif akan sangat membantu kamu untuk mengatasi stres kerja.

 

4. Rencanakan dengan baik aktivitas anda

Perencanaan penting tidak hanya untuk jangka panjang. Untuk jangka pendek juga penting, seperti rencana bulanan atau rencana harian.

Buat apa, mengapa, dan kapan tanggung jawab pekerjaan Anda harus selesai. Sehingga kalian akan lebih terjadwal dan berpola dalam mengerjakan pekerjaan kalian.

 

5. Membuat tempat kerja menjadi senyaman mungkin

Tempat kerja yang nyaman dan bersih akan membuat pikiran kita menjadi lebih fresh. Meminimalkan gangguan-gangguan seperti pencahayaan, suhu, dan suara.

 

6. Me time

Cara lain untuk mengatasi stres kerja adalah dengan ‘me time’. Kesibukan kerja mungkin saja membuat kamu lupa untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri.

Kamu terus bekerja dan mulai tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, tanpa sadar kamu mulai mengalami stres kerja dan mulai membenci rutinitasmu.

Jika kamu sudah mulai merasakan stres kerja, berhentilah sejenak dan habiskan waktu untuk dirimu sendiri.

Kamu bisa menghabiskan waktu di rumah untuk menonton film atau membaca buku. Jangan lupa matikan data ponselmu dan tutup sejenak pikiranmu dari segala berita di social media yang sebenarnya memang tidak terlalu penting untukmu.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa menghindar dari social media bisa meningkatkan kebahagiaanmu. Keesokan harinya pasti kamu sudah lebih fresh dan dapat kembali ke rutinitasmu dengan aura yang lebih positif.

Terkadang kita terlalu sibuk mencintai ini dan itu bahkan sampai kita lupa untuk mencintai diri sendiri, dan itu sungguh melelahkan.  Terkadang kita terlalu sibuk untuk bekerja dan hal itu sangat berpoitensi membuat menjadi stress.

Mengapa manusia mulai lupa bagaimana cara untuk mencintaii dirinya sendiri?

Penelitian di Carnegei Mellon University mengatakan bahwa rasa cinta menghasilkan emosi yang positif, hal ini mendorong sistem kekebalan tubuh orang tersebut menjadi lebih sehat. Selain mencintai pekerjaan, kalian juga jangan lupa untuk mencintai diri sendiri.

Berawal dengan menerima dan menemukan perasaan cinta kita terhadap diri kita sendiri, tentunya akan membawa kita jauh lebih bersyukur dan meminimalkan risiko stress atau gangguan penyimpangan perasaan sehingga kita akan menemukan cinta dan memiliki cinta.

Kalian perlu mencari referensi atau membaca buku untuk menghilangkan stress kalian. Buku yang bisa kalian baca adalah buku yang berjudul Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah. Dengan membaca buku ini kalian bisa menghilangkan stres kalian.

Tentunya akan menambah semngat kalian dalam menjalai hari-hari kalian.

Menghilangkan stres di tempat kerja tidak serumit yang dibayangkan. Anda dapat memilih salah satu cara di atas yang sesuai dengan situasi dan kondisi Anda.

Lakukanlah secara rutin sehingga Anda bisa bekerja dengan maksimal dan gembira.

Have a Nice Day!