Artikel

7 Kebiasaan yang Dapat Mempeburuk Kesehatan Mental


7 Kebiasaan yang Dapat Mempeburuk Kesehatan Mental

Hidup akan selalu diiringi dengan permasalahan, itu sudah hukum kehidupan. Mau bertahan hidup berarti siap menjalani segala problematika kehidupan. Tak ada satu pun orang yang tak pernah mendapatkan masalah dalam hidupnya. Pada dasarnya, permasalahan akan membuat benteng diri semakin kuat. Semakin banyak masalah yang dihadapi seseorang, maka akan semakin kokoh benteng hatinya. Lantas, bagaimana dengan orang yang kesehatan mentalnya memiliki gangguan? Bukankah ia sebelumnya juga menghadapi banyak masalah dalam hidupnya?

Orang yang mengalami gangguan mental ini disebabkan gaya hidupnya sendiri. Bukankah kita sering mendengar bahwa sakit seseorang itu tergantung bagaimana ia memperlakukan dirinya sendiri? Sama halnya dengan mental, sehat tidaknya mental kita sebenarnya tergantung diri kita sendiri, alias bagaimana memperlakukannya. Lalu kebiasaan apa saja yang dapat memperburuk kesehatan mental? Berikut penjelasannya:

 

Kesehatan mental dapat memburuk jika kamu selalu berpikir pesimis

Orang yang pesimis cenderung menganggap dirinya tak bisa melakukan apa pun lagi. Biasanya hal ini terjadi karena seseorang pernah berusaha, namun gagal. Orang yang pesimis, ketika mengalami kegagalan akan merasa putus asa dan kehilangan harapan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk belajar berpikir positif serta mengenali kelemahan dan kelebihan diri kita sendiri, dengan begitu perasaan pesimis pada diri berlahan akan terkendali.

 

Kesehatan mental dapat memburuk jika kamu menjadi orang yang perfeksionis

Orang ini menuntut dirinya senantiasa sempurna dalam melakukan segala sesuatunya, berjalan sesuai rencananya, tanpa cacat sama sekali. Akan  tetapi, standar yang sempurna tersebut sering menimbulkan kekecewaan apabila rencana yang dilaksanakan tidak bisa sempurna. Lebih baik, kita menetapkan suatu tujuan yang realistis sesuai dengan kemampuan kita, jangan sampai kita memaksakan diri, karena setiap manusia itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Kesehatan mental dapat memburuk jika kamu memiliki pikiran yang obsesif

Menurut salah satu artikel kesehatan (SehatQ), seseorang dengan perilaku obsesif, memiliki pemikiran berulang, impuls (dorongan hati secara tiba-tiba), atau gambaran yang menyebabkan timbulnya emosi-emosi negatif, seperti gangguan kecemasan atau perasaan jijik. Hal tersebut tentu saja menimbulkan gangguan tersendiri bagi mental seseorang yang memiliki pikiran obsesif.

 

Kesehatan mental dapat memburuk jika kamu selalu merasa rendah diri

Orang yang rendah diri selalu menilai dirinya kurang. Mereka cenderung menyalahkan diri sendiri apabila sesuatu yang ia lakukan tidak bisa sempurna seperti orang lain. Hal ini akan membuat diri depresi karena selalu merasa bahwa ia tak bisa melalukan seperti yang dilakukan orang lain.

 

 

 

Baca juga: Ternyata Kesurupan Itu Ada Tahapannya! Apa Saja?

 

 

 

Kesehatan mental dapat memburuk jika kamu kurang tidur

Ketika waktu untuk istirahat berkurang, ini akan memengaruhi kesehatan baik jiwa dan raga. Dalam kesehariannya orang yang kurang tidur akan cenderung mudah mengantuk dan tidak konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu, sehingga aktivitas pun tidak dapat dilakukan secara maksimal.

 

Kesehatan mental dapat memburuk jika kamu menjadi orang yang malas gerak

Pekerjaan orang yang malas bergerak biasanya akan selalu tertunda dan pada akhirnya akan menumpuk. Apabila kerjaan sudah menumpuk dan dikerjakan dengan sisa waktu yang relatif sedikit, pasti akan menimbulkan kegelisahan dalam diri. Hal ini akan membuat orang stres dalam melakukan pekerjaannya.

 

Kesehatan mental dapat memburuk jika kamu selalu memendam amarah

Memendam amarah secara berlebihan akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan mental. Amarah memang harus dikeluarkan dan dikendalikan. Untuk itu sebaiknya kita meluapkan kemarahan dengan cara yang baik. Berceritalah kepada orang lain agar perasaan tidak enak di dalam hati dapat perlahan terobati.

 

Itulah hal-hal yang harus kita hindari untuk menjaga agar mental kita tetap sehat. Untuk lebih lanjut, kalian bisa baca di “Berdamai dengan Ketidaksempurnaan” karya Annisah Athifah. Tetap jaga kesehatan mentalmu, karena kamu lebih kuat dari apa  yang kamu bayangkan.