Artikel

Cara Memaafkan Diri Sendiri


Cara Memaafkan Diri Sendiri

Setiap orang tidak akan pernah lepas dari yang namanya kesalahan. Meski demikian, kesalahan tersebut tidak untuk diingat dan disesali secara terus-menerus. Mulailah untuk memaafkan diri sendiri, dan ambil pelajaran dari kesalahan yang pernah kita lakukan, agar suatu saat kita tidak masuk ke dalam lubang yang sama.

Jika kita sudah bisa menyadari bahwa ia telah melakukan sebuah kesalahan, maka kita akan bisa mengawali proses pemulihan terhadap diri sendiri. Seseorang yang bisa memaafkan diri sendiri adalah orang yang mau dan mampu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukannya. Terkait dengan hal ini, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk memaafkan diri sendiri. Berikut di antaranya:

 

Masa Lalu Bagian dari Kehidupan

Masa lalu tidak dapat diubah, tidak dapat dilupakan atau dihapus, tetapi hanya bisa diterima sebagai bagian dari kehidupan.  Setelah seseorang menyadari bahwa tidak ada yang bisa diubah dari masa lalunya, maka orang tersebut akan bisa mulai membuka hati dan menerima masa lalu sebagai bagian dari hidup yang dapat dijadikan sebagai sebuah pelajaran untuk menjalani hidup di hari ini, dan seterusnya.

 

Menyadari Kesalahan

Untuk bisa memafkan diri sendiri, seseorang perlu menyadari dan belajar dari kesalahan , jangan pernah menyembunyikan kesalahan. Perlu diingat kembali bahwa guru terbaik adalah pengalaman.

 

Sayangi Diri Sendiri

Jika kita mampu menyayangi orang lain dan memaafkan segala kesalahan orang lain, maka kita harus bersikap demikian pula kepada diri kita. Buatlah suatu keadilan bagi diri sendiri. Karena, bagaimana pun juga kita tidak bisa memutuskan hubungan dengan diri kita sendiri.

 

Mendapat Dukungan

Agar proses memaafkan dapat berjalan lebih mudah, maka seseorang memerlukan dukungan dari pihak atau orang lain. Oleh karena itu, biarkan orang-orang masuk ke dalam kehidupan kita, jangan pernah menutup diri. Karena, mungkin orang-orang di sekitar kita dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada diri kita.

 

Memperbaiki Hubungan

Untuk memaafkan diri sendiri, seseorang bisa mencoba untuk memperbaiki sebuah hubungan. Jika diri kita pernah melukai hati seseorang, maka diri kita harus mau dan berani untuk meminta maaf kepada orang tersebut. Jika orang yang telah kita sakiti mau memaafkan, maka diri kita juga harus mau memaafkan diri sendiri.

 

Memegang Prinsip dan Nilai

Untuk bisa memaafkan diri sendiri, seseorang bisa melakukan sesuatu atau bersikap sesuai dengan prinsip moral dan nilai-nilai yang menjadi landasan hidupnya. Perlu kita sadari bahwa apa yang terjadi pada masa lalu adalah bagian dari proses kehidupan, yaitu sebuah proses yang akan mengantarkan seseorang pada tingkatan atau tahap yang lebih baik. Dengan begitu,  kita akan mampu menumbuhkan rasa bangga terhadap diri sendiri. Kesadaran seperti ini juga akan memberi sebuah kontribusi terhadap terbentuknya harga diri yang tinggi.

 

Benah Diri

Dengan berbenah diri, kita akan mampu melihat sisi positif dari kesalahan yang pernah kita lakukan, sehingga kita dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada.   

 

Memberi Kesempatan pada Diri

Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Memaafkan kesalahan diri sendiri dan memberi kesempatan untuk memperbaikinya merupkan suatu tindakan bijak yang harus dilakukan.

 

Mencintai Diri

Untuk bisa memaafkan diri sendiri, seseorang bisa memulainya dengan mencintai diri sendiri, yaitu bisa dengan menempatkan diri terlebih dahulu, mengurus kebutuhan diri, menciptakan batasan, dan mempraktikkan perawatan terhadap diri sendiri. Tindakan semacam ini dapat membuat seseorang mampu melihat sesuatu mengenai diri sendiri dengan perspektif yang positif.

 

Berani Memulai Kembali

Untuk bisa memaafkan diri sendiri, seseorang tidak boleh takut untuk memulai kembali dari awal. Belajar memaafkan diri sendiri tidak hanya sekadar belajar menerima masa lalu. Namun, juga belajar dari pengalaman-pengalaman yang pernah dilakukan di masa lalu.

 

Mampu Beradaptasi

Kita harus bisa beradaptasi, dengan cara memusatkan perhatian pada perubahan positif yang sudah kita lakukan. Ketika diri kita merasa bersalah, maka maafkan kesalahan tersebut dan tetaplah melangkah ke depan, dan perbaiki semuanya dengan sebaik mungkin.

 

Tidak Melakukan Kesalahan yang Sama

Pusatkan pikiran dan tindakan pada cara dan upaya untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu. Ketika seseorang sudah yakin tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, maka orang tersebut akan bisa dengan mudah untuk memberi maaf kepada diri sendiri.

 

Mampu Meringankan Pikiran

Selalu ungkapkan permintaan maaf kepada orang lain jika kita merasa melakukan kesalahan, karena hal tersebut mampu meringankan pikiran. Meskipun permintaan maaf kita ditolak, namun setidaknya diri kita sudah mengungkapkan rasa penyesalan dan berani untuk mengakui sebuah kesalahan. Dengan begitu, kita sudah bisa memulai untuk memaafkan diri sendiri, karena kita telah sadaar bahwa kita melakukan sebuah kesalahan.

 

Membuka Diri

Selalu berusahalah untuk melakukan hal-hal yang positif. Tindakan semacam ini dapat membantu seseorang untuk membuka diri dari keterpurukannya. Jika seseorang mampu melakukan kegiatan semacam ini dengan baik, maka orang tersebut akan mampu membangkitkan semangat untuk kegiatankegiatan yang positif. Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu seseorang bisa menerima kenyataan dan mulai bisa memaafkan diri sendiri.

 

Bersikap Positif

Perlu diketahui dan perlu diyakini bahwa setiap perbuatan positif pasti akan memberi hasil yang positif. Jika kegiatan semacam ini dapat dilakukan dengan baik, maka tindakan tersebut dapat membantu seseorang dalam upaya memberi maaf kepada diri sendiri.

 

Mampu Mengambil Hikmah

Lihatlah sebuah kesalahan dari sisi positif. Dengan begitu, kita akan mampu melihat hikmah dari kesalahan yang pernah dilakukan.

 

Itulah 16 cara yang bisa kita lakukan untuk dapat memaafkan diri kita sendiri. Selalu berusahalah untuk melangkah ke depan, dan lakukan yang terbaik.

Untuk mempelajari lebih lanjut  kalian bisa baca buku “Maaf” karya Sekar Rengganis. Karena memaafkan mampu membuat hidup lebih bahagia dan penuh makna.