Artikel

Fenomena Hijrah Generasi Milenial


Fenomena Hijrah Generasi Milenial

Hijrah mungkin sudah menjadi tren saat ini, terutama bagi kaum milenial baik itu perempuan maupun laki-laki. Sehingga banyak gerakan-gerakan atau komunitas hijrah yang bermunculan. Dengan menggeloranya keislaman di hampir lapisan umur memiliki efek domino menjamurnya bisnis barang-barang syar’i. Artinya, fenomena ini memberikan dampak yang positif pula di luar bidang keagamaan.

Hal tersebut sangatlah membahagiakan bagi kaum muslim di mana pun berada, dengan begitu artinya semakin banyak masyarakat yang melek agama. Akan tetapi sangat disayangkan pula, karena hijrah sudah menjadi tren yang sedang marak saat ini, tidak sedikit pula orang yang melakukan hijrah hanya karena ikut-ikutan saja. Di era yang serba modern ini, tentu saja kita sangat akrab dengan media sosial dan semua teknologi lainnya. Banyak postingan-postingan yang berisi wasiat kebenaran atau ajakan untuk berhijrah, hal ini tentunya juga sangat membahagiakan. Tetapi lagi-lagi, akan sangat disayangkan apabila seseorang hanya menggebu-gebu untuk menunjukkan hijrahnya di media sosial. Sedangkan di kehidupan nyata bagaimana? Hal ini yang sangat perlu untuk dihindari. Karena hijrah itu, bukan hanya perihal mengubah gaya pakaian kita menjadi lebih syar’i. Akan tetapi, aspek-aspek lain pun perlu untuk diperhatikan baik dari segi ibadah, akidah, aklak, serta hal-hal apa saja yang harus dan boleh kita laksanakan serta hal apa saja yang harus kita tinggalkan. Maka dari itu, hijrah haruslah diimbangi dengan ilmu yang cukup, agar hijrahmu bernilai pahala di mata Allah SWT. Terlepas dari hal tersebut, berani mulai untuk berhijrah itu juga merupakan suatu prestasi yang baik, kita hanya perlu konsisten untuk terus belajar menjadi lebih baik lagi.

 

 

Baca juga: Cara Memaafkan Diri Sendiri

 

 

Bagi wanita, tujuan hijrah tak hanya untuk mendapatkan ridha dari Allah saja, tetapi ada beberapa poin yang utama, yaitu:

 

Menuju hidup yang lebih baik

Tujuan hijrah bagi wanita yang pertama adalah menuju kehidupan yang lebih baik. Seseorang perlu berhijrah supaya hidupnya lebih baik, karena dengan berhijrah kehidupannya pun menjadi teratur. Karena untuk tujuan manusia memeluk agama senidri adalah memang untuk membuat hidupnya lebih baik teratur.

 

Kewajiban

Kita sebagai manusia, tentunya memiliki banyak kewajiban. Salah satunya adalah kewajiban untuk menutup aurat. Dengan berhijrah, kita dapat lebih memahami hal apa saja yang menjadi kewajiban kita.

 

Cermin wanita salihah

Wanita yang berhijrah sudah pasti memiliki kehidupan yang teratur. Teratur di sini seperti taat beribadah, bersikap santun, berbicara lemah lembut, dan menutup auratnya, yang mana hal-hal tersebut merupakan sebuah cermin dari wanita salihah.

 

Membuat hati tenang dan nyaman

Hijrah sejatinya adalah mendekatkan diri kepada Allah. Dekat dengan Allah senantiasa akan membuat hati terasa tenang dan nyaman. Itulah tujuan hijrah yang paling utama, mendapatkan hati tenang dan nyaman.

 

Pembuka pintu rezeki

Kebanyakan orang tidak mau berhijrah karena takut akan kehilangan pekerjaan. Sebenarnya kita tak perlu takut akan hal tersebut, sebab rezeki itu Allah yang mengatur. Apalagi, jika kita memutuskan untuk dekat dengan Allah, sudah pasti Allah akan membukakan pintu rezeki bagi kita.

Maka dari itu, jangan pernah merasa cemas apabila sudah memutuskan berhijrah, pintu rezeki akan dibukakan oleh Allah dengan cara-Nya.

 

Dihargai oleh pria

Salah satu tujuan hijrah bagi wanita yang paling kentara adalah dihargai dan disegani oleh pria. Bagaimana tidak? Wanita yang sudah hijrah tentu saja auratnya tertutup dan para pria tentu tidak akan menggoda wanita yang memakai pakaian tertutup. Selain itu, menutup aurat juga akan menghindarkan wanita dari tindakan kejahatan.

 

Beberapa poin tentang tujuan hijrah bagi wanita di atas perlu kamu cermati. Dan semuanya bertujuan untuk kebaikan. Untuk belajar lebih lanjut, kalian bisa baca di “Lets Hijrah and Then Salihah” karya Desyana Rostika Putri. Karena hijrah bukan sekadar tren berhijab mewah. Ayo!! Lanjutkan niatmu untuk berhijrah ya.. Semangat!!