Artikel

Kiat-Kiat Menjaga Pikiran Agar Tetap Aktif


Kiat-Kiat Menjaga Pikiran Agar Tetap Aktif

Otak adalah anugerah terbesar dalam hidup manusia. Hampir semua sistem kehidupan kita, gerak tubuh, suasana hati, bahkan hidup kita, dikontrol oleh pikiran. Seiring bertambahnya usia, kinerja otak kian menurun dan kepikunan tak terhindarkan lagi. Dengan membuat beberapa perubahan gaya hidup sederhana dalam keseharian, Anda dapat membuat pikiran Anda menjadi kuat dan tetap aktif hingga usia tua. Beberapa perubahan gaya hidup sederhana seperti berikut ini, semoga bisa membantu kinerja otak Anda meski usia tak lagi muda. Berikut penjelasannya:

 

Pembelajaran Seumur Hidup Menjadi Prioritas

Jagalah otak Anda dengan terus mencari tahu dan belajar. Tujuan utamanya adalah untuk menantang otak agar tetap aktif. Tidak masalah jika tantangannya adalah mengerjakan tesis bagi seorang guru, mengejar hobi baru yang menantang, atau mempelajari keterampilan baru. Jika otak Anda terus mempelajari sesuatu, ia akan tetap aktif dan tajam.

 

Percayalah pada Kekuatan Pikiran

Jika Anda memiliki kepercayaan diri dan yakin dengan kemampuan Anda untuk mempertahankan dan meningkatkan ketajaman pikiran Anda, maka Anda akan lebih mungkin terlibat dalam berbagai kegiatan yang bisa meningkatkan ketajaman mental Anda. Kekuatan pikiran yang Anda buat, akan semakin mengasah ketajaman mental.

 

Lakukan Hal-Hal Sederhana Secara Rutin

Selalu mengorganisir dan menentukan tempat khusus untuk menyimpan barang-barang yang sering kita gunakan seperti kunci, kacamata, dompet, dll, juga dapat membantu kita untuk melatih pikiran agar tetap aktif.

 

Ulangi, Ulangi dan Ulangi

Ketika Anda menemukan beberapa informasi yang ingin atau perlu Anda ingat, catat dan ulangi dengan keras. Pengulangan membantu memperkuat koneksi saraf yang bertanggung jawab untuk mengingat sesuatu.

 

Jangan “Menghafal” Tak Peduli Berapa Usia Anda atau untuk Alasan Apa pun

Terkait dengan pernyataan sebelumnya, menggunakan pengulangan untuk menghafal informasi itu tak masalah jika waktunya tepat. Akan tetapi, sebagian besar orang tidak mahir mengingat informasi untuk jangka waktu yang panjang. Ketika Anda perlu “belajar” atau mengingat detail-detail penting, akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu tertentu untuk menuliskannya, karena hal tersebut dapat membantu kita untuk mengingat seuatu dalam jangka panjang.

 

Gerakkan Tubuh Anda

Para peneliti percaya bahwa olahraga teratur mungkin menjadi satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan otak, terutama dalam jangka panjang. Maka dari itu, usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

 

Pahami Akan Pentingnya Nutrisi

Penurunan memori pada proses penuaan berhubungan dengan disfungsi dari sistem saraf kolinergik. Para peneliti telah menemukan adanya hubungan antara fungsi sistem saraf kolinergik dan berbagai nutrien dalam makanan. Ikan, kopi, blueberry, kunyit, brokoli, biji labu, jeruk, dan telur merupakan contoh makanan yang menyediakan nutrisi esesial bagi otak kita.

 

Tidur yang cukup tetapi tidak terlalu banyak

Terapkan kiat sederhana ini, Anda harus tidur 7 hingga 9 jam per malam. Dengan tidur yang cukup, otak kita tidak dapat secara efektif menggabungkan dan mengatur kembali kegiatan di hari sebelumnya.

 

Mengatasi dan Mengelola Stres

Stres menyebabkan pelepasan hormon kortisol secara instan, yaitu bahan kimia berbahaya yang mengganggu sejumlah fungsi otak dan tubuh yang penting. Karena itu, Anda harus menghilangkan penyebab stres atau bisa juga dengan menjauh dari sumber stres. Kelola stres Anda dengan sebaik mungkin agar fungsi otak dan tubuh tidak terganggu.

 

Dekap dan latihlah pikiran

Sangatlah penting melatih pikiran agar bisa selalu aktif, karena selama otak Anda “aktif” semuanya akan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar otak selalu aktif, Anda bisa melatihnya dengan melakukan permainan yang menantang seperti teka-teki silang. Dengan melakukan permainan yang mengasah otak secara berkala, maka otak kita akan selalu terlatih.

 

 

Nah.. 10 hal di atas bisa kalian lakukan guys, agar otak kita dapat selalu aktif tanpa terhalang usia. Dan untuk penjelasan lebih lanjut, kalian bisa baca di “Kerja Produktif, Pikiran Aktif” karya Heny Sulistiyani. Tetap jaga otak kita agar tetap aktif ya, dan selalu bekerjalah dengan produktif. Salam semangat!