Artikel

Manfaatkan Masa Mudamu


Manfaatkan Masa Mudamu

Masa muda adalah sebuah masa yang paling berharga bagi semua orang. Di masa muda, seseorang dapat lebih mudah mengekspresikan dirinya, selain itu masa muda adalah masa yang paling tepat bagi seseorang untuk menunjukkan produktivitasnya. Anak muda itu lebih pintar, maka dari itu maksimalkan usahamu untuk merintis sebuah kesuksesan sejak masih berusia muda, karena anak muda memiliki banyak peluang untuk sukses.

Sebagai generasi muda, kita bisa menentukan tujuan kita dengan lebih mudah. Banyak dari kita saat ini menciptakan terobosan-terobosan baru, karena tentunya kita memiliki tujuan yang juga diperbarui. Selain itu, orang yang masih muda lebih mampu menyesuaikan diri serta mempelajari segala perubahan yang terjadi.

Sebuah perjalanan menuju sukses itu tidak hanya membutuhkan waktu yang sebentar. Untuk itu, kita harus memanfaatkan masa muda untuk melakukan hal yang lebih berguna. Karena, dalam perjalanan menuju sukses tentu kita akan mendapati banyak rintangan. Saat ini kita juga masih punya semangat yang tinggi sehingga jika kita mengalami kegagalan, kita masih punya banyak waktu untuk memulainya lagi. Maka dari itu, kita harus mulai mengejar mimpi kita sekarang juga.

Jangan pernah melewatkan kesempatan yang kita peroleh di masa muda kita, karena setiap peluang yang kita ambil saat ini adalah investasi untuk kehidupan di masa yang akan datang. Kita perlu belajar dan melakukan hal-hal yang kita bisa mulai dari sekarang. Jangan pernah menundanya karena nantinya kita akan menyesal karena kita tidak bisa memanfaatkan masa muda kita dengan lebih baik.

 

 

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatukan untuk Meminimalisasi Kegagalan

 

 

Kita adalah kaum muda, kita harus menjadi bagian dari sebuah perubahan yang mampu mewujudkan perubahan yang berguna bagi banyak orang. Baik Mark Zuckerberg, Bill Gates, Thomas Alfa Edisson, atau orang-orang sukses di dunia sudah mulai melakukan usaha mereka sejak masih muda bukan? Mereka bahkan gagal berulang kali, tapi mereka mempunyai waktu untuk mencoba lebih lama. Bukan berarti kita harus pesimis dulu. Hanya saja hal ini bisa terjadi. Tidak ada orang yang berhasil saat pertama kali memulai sesuatu. Jadi, kita perlu banyak waktu untuk belajar.

Hal inilah yang ingin Mark Zuckerberg garis bawahi, bahwa kita orang-orang muda akan lebih pintar. Kita akan bisa memanfaatkan peluang, belajar lebih banyak, mengenali potensi diri kita, memiliki semangat juang yang lebih tinggi, mencari tahu apa kesalahan kita, apa yang kurang dari usaha kita, dan setelahnya kita akan bisa dengan mudah memperbaikinya. Selain itu, masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh anak muda. Karena itulah, lebih banyak anak muda yang diharapkan mau untuk berpartisipasi untuk membagun dunia yang lebih baik, lebih maju. Karena pada dasarnya, tenaga serta pemikiran-pemikiran mereka yang brilian sangat dibutuhkan untuk melakukan perubahan di dunia ini untuk menjadi lebih baik.

Sangatlah penting bagi kita untuk memulai perjuangan kita dari sekarang. Lalu, apa saja hal-hal yang mungkin bisa dilakukan untuk membuat masa muda menjadi produktif? Berikut ini di antaranya:

 

  1. Di masa muda kita harus memperbanyak relasai atau berteman dengan siapa saja

Jangan pernah membatasi lingkup pertemanan, selama itu memberikan pengaruh positif terhadap hidupmu. Dengan memperbanyak teman atau relasi, artinya kamu telah banyak pula membangun sebuah hubungan sosial. Hal  ini memberikan banyak manfaat, karena teman-teman kita mungkin bisa saja dapat menjadi penolong, pemberi saran, pendengar setia, dan pendukung yang akan menemani masa-masa perjuanganmu.

 

  1. Di masa muda kita harus terus memelihara rasa ingin tahu

Mengapa hal itu perlu? Karena rasa ingin tahu yang tinggi sangat membantu kita agar kita mampu terdorong untuk bergerak maju. Rasa ingin tahu yang kita miliki dapat mendorong kita untuk mempelajari hal-hal yang baru. Dengan banyak mencoba hal baru, kita dapat perlahan-lahan mengenali, sebenarnya hal mana yang menjadi passion kita.

 

  1. Di masa muda kita harus berusaha untuk menemukan hal apa yang menjadi passion kita

Setiap orang pasti memiliki passion-nya masing-masing, maka dari itu kita harus menggali lebih dalam lagi, dan belajar lebih luas lagi sampai akhirnya kita menemukan passion yang kita miliki. Dengan menekuni passion, kita akan lebih mudah untuk mencapai kesuksesan tanpa harus merasa terbebani, karena kita telah mencintai apa yang kita lakukan. Akan tetapi, bukan berarti bekerja di luar passion itu tidak baik, selama kita mampu menekuninya kita juga akan mendapatkan kesuksesan.

 

  1. Di masa muda kita harus menghalau rasa takut dan mulai mengabaikan apa kata orang yang dapat membuat semangat juangmu memudar

Selama kita masih muda, kita harus berani untuk banyak mencoba hal-hal baru. Jauhkan rasa takut dan khawatir yang berlebihan, karena itu hanya akan membuatmu ragu untuk keluar dari zona nyaman. Selain itu, abaikan semua kata orang yang akan memberikan dampak buruk bagi masa depanmu, dan teruslah berjuang.

 

  1. Di masa muda kita harus menjaga hubungan kita dengan keluarga dan Tuhan

Dalam sebuah usaha, tentu saja kita tidak boleh lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan. Kita harus lebih rajin beribadah, karena semua yang terjadi di dunia ini pastilah karena kehendak Tuhan. Selain itu, mohonlah dukungan dan restu kepada orang tua dan keluarga. Karena mereka adalah orang terdekat yang akan memberikanmu dukungan lebih banyak.

 

  1. Di masa muda kita juga harus belajar dengan melihat pengalaman dari orang-orang sukses terdahulu

Belajar dari pengalaman orang-orang sukses terdahulu dapat memantik semangat kita untuk terus berjuang. Selain itu, kita dapat mengetahui dan lebih waspada terhadap semua kemungkinan yang akan terjadi, agar kita selalu siap menghadapinya.

 

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan oleh anak muda. Sebenarnya banyak lagi hal yang harus dilakukan dalam usia produktif ini. Kobarkan semangat juangmu dan teruslah belajar. Kita dapat belajar dari apa, siapa, dan di mana saja. Salah satunya dengan membaca buku “Berpikir dan Bertindak Besar Ala Mark Zuckerberg” karya Theo Sutan. Temukan bagaimana cara seorang Mark Zuckerberg memperoleh kesuksesannya di usia muda. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berjuang. Semangat!!