Artikel

Membaca Karakter dan Kepribadian Orang Lain Melalui Cara Makan


Membaca Karakter dan Kepribadian Orang Lain Melalui Cara Makan

Kepribadian adalah bagian dari manusia yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Terlebih pada kepentingan secara psikis manusia. Dan tahukah kalian, bahwa kepribadian manusia itu bisa dibaca lho.. Salah satunya, dengan melihat bagaimana cara seseorang melakukan suatu aktivitas. Bukankah sangat menyenangkan jika kita mampu membaca karakter dan kepribadian orang lain? Dengan mempelajari kepribadian, kita mampu memahami diri kita sendiri, juga orang lain. Kepribadian dipelajari bukan untuk menilai, tetapi lebih untuk mengendalikan ego diri sendiri dengan cara mengetahui, memahami, dan memperlakukan orang lain. Hal tersebut tentu saja sangat membantu kita dalam menjaga hubungan dengan orang lain. Selain itu, kita juga dapat lebih memahami diri, serta mengetahui bagaimana cara kita untuk memperlakukan diri sendiri.

Membaca karakter dan kepribadian orang lain, salah satunya bisa diketahui melalui kebiasaan makan seseorang. Bagaimana maksudnya? Berikut penjelasannya:

 

Makan Terlalu Cepat

Kalau Anda makan terlalu cepat, bisa jadi Anda orang yang tidak seimbang dalam meletakkan prioritas. Tapi Anda justru dianggap lebih memiliki perhatian kepada orang di sekitar ketimbang terhadap diri Anda sendiri. Terkadang, Anda berani mengambil risiko akibat dari hasrat Anda yang suka sekali berkompetisi. Di sisi lain, Anda justru dikenal sebagai orang yang teliti dalam pekerjaan. Anda juga cekatan dalam mengerjakan tugas sebelum tenggat waktu tiba.

 

Makan Terlalu Lambat

Cara makan Anda ini memperlihatkan ingin menikmati setiap hal yang terjadi dalam hidup. Ada yang bilang Anda menempatkan diri di atas kepentingan orang lain. sehingga dinilai egois. Dalam pekerjaan, Anda dikatakan cukup santai. Akan tetapi Anda orang yang tidak mudah panik sehingga tetap bisa mengendalikan emosi saat suasana kritis dan bisa berpikir jernih.

 

Beradaptasi dengan Kecepatan Makan Teman

Hal ini mengartikan tipe orang yang mampu beradaptasi untuk hal lain. Anda juga dikenal sebagai orang yang ramah dan punya banyak teman sehingga memiliki bakat memprediksi dan menginterpretasi pikiran seseorang, sehingga Anda bisa mengimbangi orang lain. Anda juga peduli pada orang lain, dengan kata lain tidak egois.

 

Mengubah Kecepatan Makan Berdasarkan Jadwal

Hampir mirip dengan keterangan di atas, yaitu mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi. Tapi-tipe ini lebih mengutamakan berdaptasi dengan jadwal sendiri, sehingga jika terburu waktu mengerjakan tugas, makannya akan cepat sekali. Tapi jika sedang longgar, ia bisa makan dengan santai. Hal ini menunjukkan bahwa orang ini dapat diandalkan, tulus mengerjakan sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Sehingga antara kehidupan personal dan profesional bisa berjalan seimbang.

 

 

Baca juga: Si Perfeksionis

 

 

Eksperimen dengan Makanan

Jika Anda suka mencampur dua jenis makanan atau lebih, itu artinya tidak takut mencoba sesuatu yang baru. Anda suka tantangan dalam hidup. Itu menandakan Anda dapat diandalkan lebih dari satu tanggung jawab. Bisa dibilang Anda bisa bekerja secara multitasking.

 

Memesan Makanan Tanpa Melihat Daftar Menu Makanan

Cara tersebut memberikan kesan sombong. Selain itu juga terlihat tidak mau terbuka terhadap perubahan. Bisa dibilang pribadi yang kaku.

 

Butuh Waktu Lama untuk Memesan Makanan

Cara makan ini mencerminkan orang yang mudah ragu. Pertimbangan dengan matang adalah prinsip baginya sehingga terkadang melewatkan kesempatan emas.

 

Memotong Daging Sekali Irisan

Cara makan daging seperti itu menunjukkan seorang pemikir strategis dan progresif. Ia suka menerapkan metode-metode dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini membuatnya menjadi orang kepercayaan di kantor. Pekerjaan yang cocok adalah bidang teknik atau komputer, atau pekerjaan serupa yang membutuhkan kinerja sistematis.

 

Makan Satu Jenis Makanan Saja pada Satu Waktu

Anda orang yang berorientasi pada detail dan sistematis dalam melakukan pekerjaan. Anda dapat mengerjakan tugas dengan rapi dan jeli. Namun Anda kurang terbuka dengan perubahan cara baru. Bisa dibilang agak kaku.

 

Suka Bertanya Menu Ini dan Itu

Anda orang yang berpikiran terbuka dan kreatif. Bila diaplikasikan secara umum, Anda siap dengan segala pengalaman baru dan punya rasa ingin tahu yang tinggi.

 

Nah.. bagaimana guys setelah membaca uraian di atas? Apakah tiba-tiba terlintas dalam pikiran Anda “Oh.. Si A melakukan kebiasaan itu saat ia makan, aku pernah memerhatikannya saat makan malam bersamanya” atau “Wah.. ini seperti gaya makanku. Mengapa arti karakternya bisa tepat begitu?”. Sangat menyenangkan bukan? Maka dari itu, cobalah untuk mulai belajar membaca karakter dan kepribadian seseorang. Dan untuk lebih lanjut, kalian bisa baca di “Buku Babon Membaca Karakter dan Kepribadian” karya Harfi Muthia Rahmi, S.Psi., M.Psi.