Artikel

Poin-Poin yang Harus Diperhatikan Saat Wawancara Kerja


Poin-Poin yang Harus Diperhatikan Saat Wawancara Kerja

 

Poin-Poin yang Harus Diperhatikan Saat Wawancara Kerja

 

Wawancara Kerja - Mencari pekerjaan di era modern ini semakin sulit. Mulai dari beberapa tahap tes yang harus diikuti dan syarat-syarat yang harus kita penuhi untuk melamar pekerjaan yang kita inginkan.

Tahap wawancara merupakan hal yang sangat penting dalam melamar pekerjaan. Kita akan berhadapan langsung dengan pewawancara yang akan langsung dapat menilai kita saat berhadapan langsung.

Pewawancara kerja memiliki hak yang besar dalam menentukan kalian lolos tidak dalam tahap wawancara kerja tersebut.

Mereka akan menilai kalian tidak hanya dalam keterampilan (skill) kalian, dan wawasan kalian, namun juga menilai karakter (attitude) kalian.

           

           Baca Juga : Menjadi Produktif di Era Inovasi Disruptif

 

Mengapa demikian? Karena mereka diberikan wewenang dan kewajiban untuk merekrut kandidat terbaik yang akan berkontribusi dan pastinya memajukan perusahaan tersebut.

Meskipun penilaian dalam wawancara kerja tidak hanya didasarkan dalam tiga hal, namun pewawancara sangat menekankan untuk mencari kandidat yang memiliki attitude yang baik. Tidak hanya jawaban verbal saja yang akan mereka nilai juga penampilan fisik dan bahasa tubuh.

Tiga penyebab umum kegagalan yang dapat terjadi saat wawancara kerja.

  1. Skill

 

Skill merupakan keahlian atau ketrampilan seseorang untuk melakukan kegiatan yang spesifik.

Seorang pewancara akan menanyakan sejauh mana skill yang dimiliki untuk pekerjaan yang kalian lamar.

 

Skill dapat diungkap dari seberapa jauh kalian dapat menjawab detail dari pertanyaan yang diajukan oleh pewancara, Apabila kalian dapat menjawab dengan tepat dan detail, maka kalian akan mendapatkan lampu hijau untuk mengikuti tes selanjutnya.

 

  1. Knowledge

 

Knowledge atau pengetahuan merupakan kemampuan yang seseorang untuk mengenali suatu keadaan tetentu berdasakan persepsi pikirannya.

 

Knowledge akan dipengaruhi oleh apa yang dipelajari seseorang. Bisa dari bacaan, lingkungan pergaulan, pekerjaan, dan lain sebagainya.

 

Pengetahuan yang biasa ditanyakan saat wawancara kerja mengenai bidang pendidikan Anda, pengetahuan mengenai perusahaan yang dituju dan tentunya terkait pekerjaan yang Anda lamar.

 

  1. Attitude

Attitude ini merupakan hal terpenting yang diperhatikan saat wawancara kerja. Attitude merupakan pondasi terpenting keberhasilan seseorang.

Anda hanya diberikan waktu beberapa menit saat wawancara, namun jika Anda menunjukkan attitude yang baik, tentu saja pewawancara akan terpikat dengan performance Anda.

Seseorang yang memiliki attitude yang baik terlihat dalam wawancara sebagai seorang yang memilki kepedulian yang tinggi, percaya diri, mengontrol emosi, mampu menempatkan diri, rendah hari, dan berbagai sikap positif lainnya.

Nah, itulah beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat wawancara. Jika kalian ingin mengetahui lebih detail mengenai tips & trik menghadapi wawacara kerja kalian bisa baca buku “TIPS & TRIK MENGHADAPI WAWANCARA KERJA “ karya Fajar Nur’aini Dwi Fatimah.

Mulai dari pertanyaan jebakan saat wawancara, tips membuat CV, tips menghadapi FGD dan LGD, dan masih banyak lagi.

Kini Anda sudah mengetahui poin yang harus diperhatikan saat wawancara kerja.

Semoga sukses!