Artikel

Wajib Coba! 6 Trik Sukses Berdamai dengan Hidup Pas-pasan


Wajib Coba! 6 Trik Sukses Berdamai dengan Hidup Pas-pasan

Gaya hidup sering kali menjadi sesuatu yang susah dikejar. Nongkrong di kafe, jalan-jalan ke mal, beli barang-barang branded, punya mobil keren, pendeknya hal-hal yang banyak menjadi impian setiap insan. Tidak masalah kalau penghasilanmu 1 miliar per bulan. Tapi bagaimana kalau gaji sebulanmu sebatas UMR, alias hanya pas untuk makan dan sewa tempat tinggal? Maka kamu wajib dong, berdamai dengan hidup pas-pasan ini.

Sayangnya, berdamai dengan hidup pas-pasan di kota besar, katakanlah seperti Jakarta atau Surabaya, memang sering kali hanya wacana dan justru membawa bencana—kalau niatmu tidak benar-benar kuat. Misalnya gajimu ada di kisaran UMR, atau sekitar 4 juta per bulan. Lalu untuk makan sebulan kamu menghabiskan 1,5 juta, dan 1,5 juta untuk sewa kos. Dari situ saja kamu sudah habis 3 juta. Gaji yang kamu tunggu-tunggu sebulan sekali itu hanya sisa 1 juta. Maka kamu harus pandai betul memecah yang 1 juta itu untuk uang bensin, pulsa dan kuota, nongkrong, dan kebutuhan darurat. Waduh, kamu jadi nggak bisa menabung dong? Lantas bagaimana dengan simpanan hari tua dan tabungan masa depan?

Jangan ngeri dulu. Ada kok siasat mengatur keuanganmu meski gajimu hanya UMR. Berikut adalah trik cerdas berdamai dengan gaji pas-pasan yang bisa kamu contoh:

  1. Memasak sendiri

Kalau biasanya kamu menghabiskan sebagian besar uangmu untuk makan di luar, kenapa kamu nggak mencoba memasak sendiri? Bahkan hal sesederhana memasak nasi sendiri bisa menyelamatkanmu dari kehabisan uang di tanggal tua lho. Misalnya dalam satu bulan kamu menghabiskan 1,5 juta untuk makan di luar. Dengan memasak nasi sendiri, kamu cukup membeli lauk atau sayur dari warung, dan menikmatinya di kos. Ini jelas bisa menghemat pengeluaranmu. Selain ongkos sayur yang lebih murah tanpa nasi, makan di kos juga bisa menghindarkanmu dari asal comot lauk di tengah-tengah sesi makan, seperti tiba-tiba menambah kerupuk atau gorengan.

  1. Bawa bekal

Nah, kalau kamu sudah menerapkan trik memasak nasi sendiri, kamu bisa memaksimalkannya dengan trik membawa bekal ke kantor atau kampus. Dengan membawa bekal sendiri, kamu tidak perlu lagi mampir ke kafetaria yang biasanya harga makanannya lebih mahal dari warung biasa.

  1. Pahami bedanya kebutuhan dan keinginan

Contoh sederhananya begini: Kamu sedang lapar berat, lalu mampir ke warung nasi kucing untuk makan. Setelah makan dua bungkus, kamu merasa kenyang dan cukup. Itu dikategorikan sebagai kebutuhan. Tapi kalau kamu sedang lapar berat, lalu di tengah jalan melihat orang makan sate dan kamu tergiur. Bahkan setelah makan nasi kucing dua bungkus pun kamu masih belum puas kalau belum makan sate, maka itu namanya keinginan.

Kamu harus bisa membedakan yang mana kebutuhan dan keinginan, lalu sebisa mungkin berusahalah mengontrol keinginanmu supaya tidak menjerumuskanmu ke dalam hidup boros.

  1. Manfaatkan kupon, voucher, dan event diskon

Dengan kupon, voucher, dan diskon, kamu bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan kamu dengan harga miring. Cari tahu toko mana yang rutin mengadakan promo diskon. Promo-promo ini bisa menyelamatkanmu di tanggal tua.

  1. Menabung

Seberapa pun mepetnya kebutuhan kamu, kamu harus tetap punya pikiran untuk menabung. Tabungan akan membuat hidupmu jauh lebih tenang. Kalau kamu ingin tabunganmu terus berkembang, kamu bisa ikut program deposito atau reksadana. Pelajari mana yang lebih kamu butuhkan, dan ikuti program itu. Pada waktunya nanti, tabunganmu bisa beranak pinak lebih banyak.

  1. Cari penghasilan tambahan

Kalau gaji bulanan saja dirasa tidak akan membawamu ke mana-mana, kamu perlu memutar ide untuk menambah penghasilan. Carilah pekerjaan yang fleksibel, yang bisa menambah pundi-pundi meski hanya sedikit. Misalnya dengan berjualan online atau buka jasa ojek online selepas kerja. Penghasilan tambahanmu ini bisa kamu tabung untuk kebutuhan masa depan.

 

Dapatkan buku Berdamai dengan Hidup Pas-pasan di sini. Atur keuanganmu dengan buku Pintar Kelola Keuangan, yang bisa kamu dapatkan di sini.

Page created in 7.636350 seconds.